Senin, 12 Maret 2012

Mengganti Default Task Manager Dengan Proses Explorer

Default task manager yang ada pada Windows vista & seven kurang memberikan informasi yang cukup bagi anda mengenai proses-proses yang sedang berjalan pada Windows. Untuk itu anda dapat menggantinya dengan sebuah tool yang lebih informatif daripada task manager bawaan dari Windows. Dengan tool ini anda dapat melihat menu tree dari semua proses-proses yang berlangsung pada Windows, sehingga anda dapat melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang dijalankan oleh proses-proses tersebut.
Dengan tool ini juga anda dapat melihat data proses secara lebih lengkap, melihat file dan lain-lain dan key registry apa saja yang sedang berjalan, melihat proses dari aplikasi yang sedang berjalan hanya dengan men-dragnya, dan fitur-fitur lainnya yang tidak bisa anda dapatkan pada task manager bawaan Windows.
  1. Tool ini tidak perlu diinstal. Yang harus anda lakukan hanyalah meng-copy folder process explorer dari CD ke dalam komputer anda. Letaknya terserah anda tapi sebagai contoh kita copy saja ke  drive C:/.
  2. Jika sudah, jalankan tool process explorer dengan mendobel klik file procexp.exe dan berikut tampilan jendela kerja process explorer.process explorer
  3. Untuk melihat tampilan grafis sistem information , silahkan anda klik tombol system information                         atau dengan menekan kombinasi tombol ctrl + i, dan jendela pop up system information akan segera muncul pada layar anda.task manager
  4. Jika anda penasaran pada loncatan-loncatan grafik pada jendela system information, anda cukup meletakkan kursor mouse anda pada titik grafik yang anda inginkan, dan anda akan mendapatkan informasi aplikasi apa gerangan yang membuat loncatan grafik tersebut. Mudah bukan?
  5. Untuk melihat file .dll apa saja yang bekerja pada suatu proses , klik tombol view dll  atau tekan kombinasi tombol ctrl + d. Jika sudah, klik proses yang anda inginkan dan lihat pada panel di bawahnya.detail process manager
  6. Untuk mendapatkan informasi lengkap dari sebuah proses seperti path, CPU usage , command line, strings dan lain-lain, anda cukup mengklik kanan proses yang anda inginkan kemudian pilih menu properties.
properties

Nah, sekarang bagaimana caranya membuat tool process explorer ini menggantikan fungsi task manager sepenuhnya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Disable user account control (UAC) anda terlebih dahulu , dengan cara yang telah kita pelajari pada bab-bab sebelumnya.
  • Akses registry editor anda kemudian cari key berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\taskmgr.exe.
new string
  • Klik kanan key taskmanager.exe kemudian pilih new > string value.
  • Beri nama string value yang baru saja anda buat dengan nama debugger.
  • Jika sudah, langsung dobel klik value debugger yang baru saja anda buat.
  • Akan muncul jendela edit string. Pada tab value data isikan path atau directory tempat file procexp.exe anda (ingat anda mengcopy folder process explorer tadi dimana?). Jika anda mengikuti sesuai contoh yang saya berikan (dimana kita meng-copy folder process explorer ke drive C:/),  maka pada value datanya isikan C:\proscessexplorer\procexp.exe, lalu klik OK jika sudah.procexp
  • Sekarang beralih ke jendela process explorer. Klik menu options > replace task manager.replace taskmanager
  • Nah, sekarang anda sudah bisa mengucapkan selamat tinggal pada task manager yang lama, karena kini ketika anda mengakses task manager baik dengan cara mengklik kanan taskbar > task manager ataupun dengan menekan ctrl + shift + esc maka yang muncul bukanlah task manager yang biasanya, melainkan tool process explorer yang lebih informatif, handly, namun terkesan advanced.
  • Untuk mengembalikan ke task manager yang lama anda tinggal men-delete string value debugger. Atau bisa juga dengan mengklik menu options > restore task manager pada jendela kerja process explorer.restore task manager

Tidak ada komentar: